Sabtu, 22 Desember 2012

Mengapa Sistem Ijin Bekerja Penting?

Instruksi atau petunjuk pelaksanaan bagi banyak pekerjaan sudah cukup, namun dalam beberapa kasus memerlukan kehati-hatian lebih. Sistem Ijin Bekerja adalah satu sistem yang lebih formal yang menyatakan dengan jelas pekerjaan apa yang akan dilakukan, kapan, dan bagian mana yang aman. Seorang penanggung jawab seyogyanya menilai pekerjaan dan keselamatannya pada tiap tahapan. Mereka yang melakukan pekerjaan menandatangani ijin kerja untuk menunjukkan bahwa mereka telah memahami resiko yang dihadapi dan tindakan pencegahan yang diperlukan.

Ijin kerja adalah satu sarana komunikasi yang efektif antara pihak manajemen lokasi (site management), pengawas lapangan (plant supervisors) dan operator, dan mereka yang melaksanakan pekerjaan. Contoh pekerjaan beresiko tinggi yang memerlukan sistem ijin kerja pada pekerjaan panas (hot work) seperti pengelasan, masuk ke dalam bejana, memotong pipa yang mengandung bahan berbahaya, dan pekerjaan yang memerlukan isolasi listrik atau mekanik. Sistem Ijin Bekerja juga menjadi sarana koordinasi antara berbagai aktivitas kerja yang berbeda guna menghindari konflik.

Perlu ditekankan sebelumnya bahwa sistem ijin bekerja bukan pengganti dari penilaian resiko (risk assessment) tapi merupakan alat yang menjadikannya lebih "hidup", mempertajamnya pada saat yang tepat.


Diterjemahkan agak bebas dari : http://www.hse.gov.uk/humanfactors/topics/ptw.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar